-->

8 Syarat dan Tugas Pengawas Koperasi Indonesia

Keberadaan Koperasi Indonesia di Indonesia memang sudah sangat banyak membantu meningkatkan perekonomian masyarakat kecil menengah. Nah, bagi Anda anggota Koperasi Indonesia tentu sudah tahu bahwa salah satu komponen dalam Koperasi Indonesia adalah pengawas Koperasi Indonesia. Namun, sudah tahukah Anda apa saja tugas pengawas Koperasi Indonesia? Dalam sebuah Koperasi Indonesia memang harus mempunyai pengawas yang bertugas mengawasi jalannya Koperasi Indonesia. Tugas dari pengawas Koperasi Indonesia ini diatur dalam undang-undang perKoperasi Indonesiaan Indonesia.

Semua jenis Koperasi Indonesia tentunya mempunyai manajemen sendiri-sendiri sesuai dengan jenisnya. Fungsi dari manajemen Koperasi Indonesia adalah untuk menjalankan Koperasi Indonesia sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dalam menjalankan tugasnya para pengurus Koperasi Indonesia diawasi oleh pengawas Koperasi Indonesia. Tugas dari pengawas Koperasi Indonesia secara umum adalah mengawasi manajemen Koperasi Indonesia dan membuat laporan tertulis setiap tahunnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini tugas pokok dari pengawas Koperasi Indonesia:
Tugas yang paling utama dari pengawas Koperasi Indonesia adalah memeriksa semua data yang berhubungan dengan manajemen Koperasi Indonesia. Data yang dimaksud adalah semua jenis data dalam Koperasi Indonesia termasuk usaha yang dilakukan Koperasi Indonesia, pengorganisasian Koperasi Indonesia, dan kebijakan yang dikeluarkan oleh manajemen atau pengurus Koperasi Indonesia.

Selain mempunyai tugas memeriksa data, pengawas Koperasi Indonesia juga mempunyai tugas membuat laporan secara tertulis mengenai pemeriksaan yang dilakukannya.
Pengawas Koperasi Indonesia juga mempunyai tugas untuk mempertanggung jawabkan laporan pemeriksaan yang dilakukannya kepada seluruh anggota Koperasi Indonesia pada saat rapat tahunan ataupun pada saat RAT insidental. Pengawas menjadi salah satu orang kepercayaan anggota Koperasi Indonesia untuk mengawasi kegiatan Koperasi Indonesia agar dana yang diberikan anggota tidak diselewengkan oleh pengurus.

Syarat Untuk Menjadi Pengawas Koperasi Indonesia

Tugas pengawas Koperasi Indonesia memang tidaklah mudah, oleh karena itu pengawas Koperasi Indonesia harus dipilih yang berkompeten dan bertanggung jawab. Nah, berikut ini adalah beberapa syarat pengawas Koperasi Indonesia:

Mempunyai jiwa kepemimpinan

Seorang pengawas Koperasi Indonesia harus mempunyai sifat kepemimpinan sehingga disegani oleh semua anggota dan mampu memimpin anggota Koperasi Indonesia.

Dihormati oleh semua anggota Koperasi Indonesia

Syarat menjadi pengawas Koperasi Indonesia yang lainnya yaitu dihormati oleh semua anggota Koperasi Indonesia. Hal ini dilakukan agar nasihat dan saran yang diberikan oleh pengawas didengarkan dan diindahkan oleh semua anggota ataupun pengurus Koperasi Indonesia.

Mempunyai sifat pemberani

Sifat pemberani ini harus dimiliki oleh pengawas Koperasi Indonesia, karena dengan sifat yang pemberani pengawas akan mampu mengungkapkan pendapatnya dan menindak tegas para pengurus yang menyeleweng dari kaidah Koperasi Indonesia.

Mempunyai keuletan

Keuletan dan pekerja keras adalah syarat penting untuk menjadi pengawas Koperasi Indonesia. Seorang yang ulet dan pekerja keras tentunya akan mampu mengawasi dan memimpin semua anggota Koperasi Indonesia.

Berpengetahuan luas mengenai Koperasi Indonesia

Syarat yang sangat penting lainnya yaitu seorang pengawas Koperasi Indonesia harus mempunyai pengetahuan yang luas mengenai Koperasi Indonesia itu sendiri.

Pengawas Koperasi Indonesia bukanlah orang dari luar melainkan diambil dari anggota Koperasi Indonesia. Pemilihan pengawas Koperasi Indonesia ini dilakukan dalam rapat tahunan Koperasi Indonesia. Dalam pemilihan pengawas Koperasi Indonesia ini semua anggota Koperasi Indonesia berhak untuk mengajukan diri sebagai pengawas kemudian dipilih dan ditetapkan langsung oleh semua anggota Koperasi Indonesia. Tugas pengawas Koperasi Indonesia ini cukup berat, jadi harus dipilih dengan baik dan benar.
LihatTutupKomentar