-->

Bapak Koperasi Indonesia Adalah Bung Hatta, Bagaimana Sejarahnya?

Koperasi Indonesia sebagai salah satu wadah yang bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat memiliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Sejarah yang panjang tersebutlah yang membuat Koperasi Indonesia-Koperasi Indonesia kini banyak didirikan di Indonesia. Bung hatta adalah sosok yang sangat dekat dengan Koperasi Indonesia. Selain merupakan salah satu pahlawan dan wakil presiden Indonesia yang pertama, Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta yang telah ditentukan dalam kongres Koperasi Indonesia pertama di Tasikmalaya yang terjadi atas dorongan beliau.

Bung hatta sebagai bapak Koperasi Indonesia nyatanya memang memiliki kontribusi yang sangat besar bagi masyarakat Indonesia. Jasanya bersama dengan Bung Karno yang membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan telah dinikmati masyarakat Indonesia hingga sekarang. Oleh karena itu, selain dijadikan sebagai bapak Koperasi Indonesia, ia juga lebih dikenal sebagai bapak Proklamator Indonesia. Cengkraman penjajah yang begitu lama akhirnya bisa terlepas atas perjuangan bangsa Indonesia tanpa menghiraukan nyawa sebagai taruhannya.

Sejarah Bung Hatta Sebagai Bapak Koperasi Indonesia

Sejarah bung hatta sebagai bapak Koperasi Indonesia tidak lain adalah karena jasa beliau yang ikut mendorong pergerakan Koperasi Indonesia di Indonesia sejak berdiri. Pada buku yang berjudul “Membangun Koperasi Indonesia dan Koperasi Indonesia Membangun”, ia telah mengemukakan pemikirannya yang hebat mengenai Koperasi Indonesia. Bapak Koperasi Indonesia ini menuangkan pemikirannya tentang kegiatan ekonomi yang selalu dilandasi oleh gotong royong adalah jawaban dari ketimpangan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Itulah yang dijadikan sebagai asas Koperasi Indonesia.

Pandangan Bung Hatta mengenai Koperasi Indonesia yaitu sebagai salah satu bentuk nyata dari lembaga yang berjalan dengan sistem ekonomi kemasyarakatan yang menggunakan asas gotong royong. Langkah jangka panjang tersebut sudah disadari beliau sejak awal dan hasilnya pun tidak bisa didapatkan secara instan. Semua hal yang dilakukan dalam kegiatan Koperasi Indonesia memiliki tujuan untuk memeratakan kesejahteraan anggota sehingga tidak ada lagi yang namanya ketimpangan ekonomi yang terjadi di lingkungan masyarakat Indonesia.

Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta dan sosok Bung Hatta sendiri memang memiliki kontribusi yang besar dalam sejarah Koperasi Indonesia di Indonesia. Menurut Beliau, bangsa Indonesia yang baru terjajah memiliki kebutuhan politik dalam bidang ekonomi yang benar-benar nyata. Dengan demikian, masyarakat Indonesia akan terbebas dari kekurangan dalam kebutuhan pokoknya. Banyak masyarakat yang bekerja pada pemodal asing bukan merupakan persoalan bagi Koperasi Indonesia.

Hal yang paling penting adalah masyarakat Indonesia memang harus bekerja lebih giat lagi. Hal tersebut mengingat banyaknya utang asing yang harus dilunasi bangsa Indonesia. Karena bagaimanapun, utang asing diperlukan jika negara tidak memiliki dana. Itulah beberapa hal yang disampaikan oleh Bung Hatta. Bapak Koperasi Indonesia adalah Bung Hatta merupakan salah satu hasil yang telah dimusyawarahkan dengan sebaik-baiknya. Hargailah setiap perjuangan pahlawan untuk tanah air Indonesia.
LihatTutupKomentar