-->

Asas, Tujuan, dan Landasan Idiil Koperasi Indonesia

Setiap orang pasti sangat familiar dengan yang namanya Koperasi Indonesia. Lembaga ini merupakan lembaga yang memiliki asas kekeluargaan dan kemasyarakatan. Koperasi Indonesia bahkan telah dikenalkan kepada anak-anak melalui pelajaran di sekolah. Itulah mengapa Koperasi Indonesia menjadi sangat familiar. Asas, tujuan, dan landasan idiil Koperasi Indonesia perlu diketahui untuk lebih mengenal jauh dengan lembaga ini. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan untuk menggunakan jasa Koperasi Indonesia.

Hal pertama yang akan dibahas adalah mengenai asas Koperasi Indonesia. Koperasi Indonesia adalah salah satu lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi yang memiliki asas kekeluargaan dan kemasyarakatan. Asas ini telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku. Asas tersebut sangat sesuai dengan kepribadian masyarakat Indonesia. Asas kemasyarakatan atau asas kekeluargaan yang dimaksudkan adalah bahwa tujuan yang dibangun untuk kepentingan bersama dan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama.

Apa Tujuan dan Landasan Idiil Koperasi Indonesia?

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa tujuan Koperasi Indonesia memerlukan tujuan yang sama. Menurut undang-undang yang mengatur tentang Koperasi Indonesia, Koperasi Indonesia merupakan lembaga yang bergerak dalam bidang ekonomi yang memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan bagi setiap anggotanya untuk khususnya, dan meningkatkan perekonomian Indonesia untuk mewujudkan masyarakat yang lebih maju pada umumnya.

Tujuan tersebut tentu saja memiliki landasan dan acuan dari UUD 1945 serta Pancasila yang memiliki nilai-nilai penting bagi bangsa Indonesia. Lalu, apakah landasan idiil Koperasi Indonesia? Berbicara tentang landasan, sebenarnya terdapat 4 landasan dasar yang dimiliki Koperasi Indonesia. Landasan-landasan tersebut adalah landasan idiil, landasan mental, landasan konstitusional, dan yang terakhir adalah landasan operasional. Setiap landasan memiliki dasar yang berbeda-beda.

Setiap landasan yang dipilih memiliki tujuan yang berbeda. Landasan idiil Koperasi Indonesia yang dipilih adalah Pancasila. Dengan demikian, setiap kegiatan yang dilakukan dan semua aktivitas dalam lingkup Koperasi Indonesia menerapkan sila-sila dalam Pancasila. Kelima sila tersebut harus diterapkan dengan sebaik-baiknya demi terciptanya Koperasi Indonesia yang dapat mensejahterakan anggotanya dan masyarakat yang menggunakan jasanya.

Landasan lain dari Koperasi Indonesia adalah landasan konstitusional. Landasan konstitusional dari Koperasi Indonesia adalah Undang-undang dasar 1945. Dalam pasal yang mengatur tentang Koperasi Indonesia telah disebutkan bahwa perekonomian dalam Koperasi Indonesia disusun dengan bersama atas dasar asas Koperasi Indonesia yaitu asas kekeluargaan. Dengan asas kekeluargaan yang dimiliki dimaksudkan agar setiap anggota bisa mendapatkan kesejahteraan yang sama dengan anggota lainnya.

Sedangkan landasan mental dari Koperasi Indonesia adalah kesadaran dan kesetiakawanan pribadi anggota. Sikap tersebut harus senantiasa ditunjukkan dalam kegiatan Koperasi Indonesia. Terakhir adalah landasan operasional. Tata aturan yang harus ditaati oleh setiap anggotanya berupa peraturan-peraturan dan undang-undang yang telah disepakati bersama. Ada beberapa undang-undang yang sudah ditentukan bersama sebagai landasan operasional Koperasi Indonesia. Itulah keempat landasan Koperasi Indonesia termasuk landasan idiil.
LihatTutupKomentar