-->

Harga Kain Batik Danar Hadi per Meter, House of Danar Hadi di Solo

Batik adalah jenis kain dan busana yang menggambarkan Indonesia, dan malah telah diakui UNESCO menjadi salah satu Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi sejak 2009 silam. Diakuinya batik menjadi warisan budaya Indonesia, bangsa Indonesia pun diharapkan kian bangga mengenakan batik. Batik sendiri menawarkan macam dan motif yang beragam dari batik Jogja, Solo, Cirebon, Pekalongan, Madura, dan masih banyak lagi. Sampai hari ini banyak sekali merek batik yang populer di Indonesia. Termasuk Batik Danar Hadi Solo.


Kain Batik Danar Hadi

Kain Batik Danar Hadi

Kain Batik Danar Hadi

Berbicara tentang batik, tak lengkap bila tak menyebut batik Danar Hadi. Anda yang pernah mengunjungi kota Solo pasti akan mendengar Batik Danar Hadi disebut-sebut. Kecuali di kota Solo, kini Batik Danar Hadi pun sudah dijual di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, hingga di Bali. Tiap orang mempunyai gayanya sendiri-sendiri. Padu padan dalam berbusana merupakan sesuatu yang biasa. Dengan beragamnya macam item untuk menyempurnakan kebutuhan berbusana, terutama berbusana batik, Danar Hadi mengeluarkan aneka kain batik bermutu tinggi. Berapa harga kain batik Danar Hadi per meter?

Kain batik Banar hadi dibuat dengan metode batik cap ataupun batik tulis. Di Solo, Anda pun dapat mengunjungi House of Danar Hadi yang merupakan sebuah museum yang berisi segala hal tentang perbatikan. Batik Danar Hadi ternyata tak didirikan oleh Danar Hadi. Pendirinya sendiri bernama Santosa Doellah. Santosa terlahir dari keluarga pengusaha batik yang lalu menikah dengan sang istri yang juga datang dari keluarga pebisnis batik pula. Nama Danar Hadi diambil dari nama istri dan mertuanya. Nama “Danar” berasal dari Danarsih sebagai nama istri Pak Santosa sementara “Hadi” adalah nama depan sang mertua yang bernama Hadipriyono.

Untuk berbagai acara istimewa, Danar Hadi menawarkan aneka kain batik yang sesuai. Kain Kembar atau Sawitan yang lazim dipakai dalam acara pernikahan ditawarkan berbentuk kain batik tulis lembaran. Supaya makin serasi dengan kain batik tadi, Danar Hadi pun memiliki berbagai desain kebaya yang cantik untuk di-mix and match. Batik yang dijual Danar Hadi cukup beragam, mulai dari batik cap, print, sampai batik tulis. Sebagian besar koleksi batik yang dibuat mengusung corak khas batik Solo, contohnya motif batik Sidomukti, Sidomulyo, dan Sidoluhur yang menonjolkan nuansa cokelat maupun gradasi cokelat. Akan tetapi, ada juga batik berwarna cerah yang pastinya memanfaatkan pewarna alami guna memenuhi permintaan pasar premium.

Seluruh koleksi Batik Danar Hadi pun terbukti punya kualitas terbaik sebab diproduksi dari kain atau bahan pilihan. Wajar apabila harga batik Dana Hadi agak sedikit lebih mahal bila dibanding dengan harga batik yang dijual di pasar tradisional. Akan tetapi, demi terlihat stylish ketika acara-acara resmi tak ada salahnya untuk memiliki koleksi batik Danar Hadi ini.

Harga kain batik Danar Hadi per meter motif 48 ditawarkan Rp.65.000. Namun pembeliannya dalam bentuk per helai dengan panjang 2 m dan lebar 1,1 m yang dibandrol Rp.130.000. Kain batik ini dibuat dari katun Prima kualitas terbaik yang tidak akan luntur dengan teknik print modern. Motif batiknya terlihat nyambung dengan kombinasi warna yang harmonis. Yang pasti kain batik Danar Hadi saat dibuat pakaian akan terasa halus dan adem. Harga kain batik Danar Hadi per meter untuk batik tulis tentunya lebih mahal sebab pengerjaannya memang membutuhkan waktu lama sedikit demi sedikit dilukis secara manual dengan canting. Namun tentunya ini akan terbayar dengan ekslusifitas dan kualitasnya.
LihatTutupKomentar